31 Maret 2022 18:14

Dampingi Presiden Jokowi Ke UEA, HIPMI Promosikan Produk UMKM Jatim

Hipmi Jatim

Lawatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) didampingi para pengusaha muda yang tergabung dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), termasuk dari Jawa Timur.

HIPMI Jatim memanfaatkan momentum tersebut untuk mempromosikan produk-produk UMKM andalan.

"Ini momentum yang luar biasa. Pengusaha muda diajak ke Dubai Expo, ajang promosi terbesar di dunia. Kita memanfaatkan kunjungan ke Dubai untuk mempromosikan UMKM Jatim. Apalagi Dubai adalah hubungan internasional, tersambung ke banyak negara, sehingga ini kami optimalkan untuk membawa nama UMKM Jatim," ujar Ketua HIPMI Jatim Rois S. Maming dalam siaran pers ke redaksi, Minggu (7/11).

Sejumlah produk dibawa delegasi HIPMI Jatim. Di antaranya minyak esensial, kopi, cengkeh, pala, kemiri, rumput laut, parfum, dan kosmetik.

"Semoga ini menjadi pintu masuk untuk memperkuat ekspor UMKM Jatim ke berbagai negara. Kami optimistis UMKM bisa menjadi pendorong pemulihan ekonomi yang luar biasa," jelas Rois.

Dalam lawatan ke Dubai, delegasi HIPMI Jatim juga diterima oleh Direktur Indonesia Trade Promotion Center (ITPC) Dubai Muhammad Khomaini dan Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi.

Rois mengatakan, HIPMI Jatim akan semakin intens melambungkan UMKM untuk bisa memasuki pasar ekspor. Hal ini sesuai dengan program HIPMI Jatim untuk mendorong pemulihan ekonomi.

"Dengan menaikkan kelas UMKM Jatim untuk go national dan go international, tentu akan semakin meningkatkan skala usaha mereka, yang berujung pada pembukaan lapangan kerja dan pengentasan kemiskinan," papar Rois.

Sementara itu, Ketua Umum BPP HIPMI, Mardani H. Maming mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi serta mendukung langkah Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi dan Menteri Investasi/BKPM Bahlil Lahadalia untuk bisa lebih memberdayakan UMKM Indonesia dengan turut melibatkan para pengusaha muda di ajang Dubai Expo.

Menurut Maming, saat ini memang perlu sekali adanya kolaborasi antara pemerintah, UMKM, asosiasi serta para pengusaha untuk bisa bersinergi bersama-sama dan berjuang memulihkan perekonomian Indonesia.

Ia menjelaskan, untuk mengolaborasi program kerja Mendag dan Menteri Investasi, HIPMI juga mempunyai program kerja dalam memberdayakan UMKM Indonesia.

Salah satunya, HIPMI bekerja sama dengan diaspora-diaspora Indonesia untuk memasarkan produk-produk UMKM.

"Hal ini juga bisa menjadi semangat untuk para anak-anak muda yang ingin mulai merintis usahanya untuk bisa saling berkolaborasi. Sehingga produknya bisa mempunyai daya saing bukan hanya bersaing di dalam negeri, tetapi juga harus bisa go internasional. Untuk itu kami dari HIPMI mengajak ketua umum HIPMI daerah juga untuk partisipasi acara ini agar bisa menggerakkan perekonomian daerah terutama dari sektor UMKM," tukasnya.(Source JatimNow.com/Sandhi Nurhartanto/Ni'am Kurniawan)

Artikel Terkait
Hipmi Jatim

HIPMI Jatim : DONGKRAK SPORT TOURISM, HAJAT INDONESIA SPRINT RALLY OPENCHAMPIONSHIP 2022

Setelah 5 tahun vakum, Jawa Timur akhir kembali menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Sprint Rally.Menariknya, pada seri pembuka yang berlangsung di J . . .

Hipmi Jatim

Gelar Vaksinasi Massal Di Gresik, HIPMI Siapkan 10.000 Vaksin Dosis Pertama

SURABAYA - BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia ( HIPMI ), BPD HIPMI Jatim, dan BPC HIPMI Gresik bakal menggelar vaksinasi massal COVID-19 di Pelabuh . . .

Hipmi Jatim

HIPMI Jatim Tumbuhkan Pariwisata Olah Raga Lewat Indonesia Sprint Rally 2022

Surabaya -Setelah 5 tahun vakum, Jawa Timur akhir kembali menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Sprint Rally.Menariknya, pada seri pembuka yang berlan . . .

Hipmi Jatim

Sandiaga Uno Minta Kepada HIPMI Jatim Kampanyekan Produk Lokal

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jawa Timur (HIPMI Jatim) menggelar Diklatda III secara virtual pada Sabtu (23/10/2021). Menteri Pariwisata dan Ekono . . .

Rekomendasi Artikel
Hipmi Jatim

HIPMI Jatim Salurkan 25 Ton Beras Untuk MBR Di Jatim

Surabaya - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur menyalurkan bantuan 25 ton beras untuk Masyarkat Berpenghasilan Rendah (MBR) atau misk . . .

Hipmi Jatim

HIPMI Jatim Tumbuhkan Pariwisata Olah Raga Lewat Indonesia Sprint Rally 2022

Surabaya -Setelah 5 tahun vakum, Jawa Timur akhir kembali menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Sprint Rally.Menariknya, pada seri pembuka yang berlan . . .

Hipmi Jatim

HIPMI Jatim Gelar Vaksinasi Dosis 2 Di Gresik, Sasar 10.000 Warga

Gresik - BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur kembali menggelar vaksinasi Covid-19 secara massal. Digelar di Pelabuhan Gresik, 15- . . .

Hipmi Jatim

Sejumlah Tokoh Nasional Buka Rakerda HIPMI Jatim 2022

SURABAYA– BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jawa Timur (HIPMI Jatim) menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) 2022 dan Forum Bisnis di Hotel Novot . . .