25 Oktober 2021 16:37

Sandiaga Uno Minta Kepada HIPMI Jatim Kampanyekan Produk Lokal

Hipmi Jatim

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jawa Timur (HIPMI Jatim) menggelar Diklatda III secara virtual pada Sabtu (23/10/2021). Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf RI)Sandiaga Unoturut hadir memberikan sambutan dan arahannya.

Sebagai Ketua Umum BPD HIPMI pada tahun 2005 hingga 2008, Sandiaga mengapresiasi pelaksanaan diklatda yang digelar secara virtual ini. Sebagai inovasi untuk tetap berkumpul tanpa harus bertemu secara langsung.

"Tidak seperti dulu zaman saya, diklat harus dilakukan kurang lebih 3 hari dan dihadiri secara langsung," katanya.

Lebih lanjut, Sandi menjelaskan bahwa Indonesia menggangtungkan hidupnya pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Meski dilanda pandemi, namun dengan adanya perkembangan digital justru berbagai peluang baru bermunculan.

“Sebanyak 34 juta masyarakat Indonesia menggantungkan hidupnya pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” katanya.

Badan Pusat Statistik mencatat ada tiga sektor dalam pariwisata dan ekonomi kreatif yang paling banyak berkontribusi untuk masyarakat, yakni kuliner 41,5%, fesyen 17,7%, dan kriya 15%.

Maka dari itu UMKM dan kewirausahaan diyakini mampu menjadi tulang punggung perekenomian Indonesia dalam pemulihan ekonomi nasional untuk mencapai Indonesia emas di tahun 2045.

“UMKM sangat tinggi kontribusinya dan justru di tengah pandemi meningkat dari segi kontribusi terhadap PDB kita. Tahun 2024 ditargetkan 65% naik dari 60% di masa sebelum pandemi,” paparnya.

Sandi melanjutkan bahwa PBB dan negara di dunia turut mengakui dan mendukung langkah Indonesia dalam ekonomi kreatif yang memberdaya dengan konsep 'No One Left Behind' yaitu tidak ada yang boleh tertinggal.

Mantan Ketua Umum HIPMI ini juga megajak para pelaku ekonomi kreatif untuk melakukan strategi inovasi, adaptasi, dan kolaborasi dengan semangat 3G:

- Gercep (Gerak cepat)

- Geber (Gerak bersama)

- Gaspol (Garap semua potensi untukonline)

Penerapan 3G selaras dengan gerakan nasional 'Bangga Buatan Indonesia' yang mengajak UMKM sebagai mitra. Masyarakat dapat membeli produk yang bertemakan 'Beli Gratis Lokal' pada aplikasi belanjaonlineseperi Bukalapak dan BliBli.com.

"Keuntungan yang bisa didapatkan oleh mitra UMKM dengan mengikuti program ini mencapai hingga Rp 50 juta," kataMenparekraf RISandiaga Unodalam DiklatdaHIPMI Jatim. (Source Timesindonesia/Lucky Setyo Hendrawan)

Artikel Terkait
Hipmi Jatim

Rois Maming Terpilih Pimpin HIPMI Jawa Timur Periode 2021-2024

Rois Sunandar Maming (RSM) terpilih sebagai ketua umum Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jatim periode 2021-2024 dalam Musda di Surabaya . . .

Hipmi Jatim

Gelar Vaksinasi Massal Di Gresik, HIPMI Siapkan 10.000 Vaksin Dosis Pertama

SURABAYA - BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia ( HIPMI ), BPD HIPMI Jatim, dan BPC HIPMI Gresik bakal menggelar vaksinasi massal COVID-19 di Pelabuh . . .

Hipmi Jatim

HIPMI Jatim Tumbuhkan Pariwisata Olah Raga Lewat Indonesia Sprint Rally 2022

Surabaya -Setelah 5 tahun vakum, Jawa Timur akhir kembali menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Sprint Rally.Menariknya, pada seri pembuka yang berlan . . .

Hipmi Jatim

HIPMI Jawa Timur Ajak Anak Muda Lirik Industri Kreatif

SURABAYA - Ketua Umum BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur (Jatim), Rois Sunandar Maming menyebut, banyak peluang usaha menjanjika . . .

Rekomendasi Artikel
Berita Hipmi

HIPMI Siap Minimalisir PHK Di Tengah Pandemi Virus Corona (Covid-19)

JAKARTA. Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) melakukan diskusi dengan Kepala Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan . . .

Hipmi Jatim

HIPMI Jatim Salurkan 25 Ton Beras Untuk MBR Di Jatim

Surabaya - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur menyalurkan bantuan 25 ton beras untuk Masyarkat Berpenghasilan Rendah (MBR) atau misk . . .

Ekonomi

Kapolri Minta Kawal Kebijakan Pertumbuhan Ekonomi, HIPMI Jatim: Kami Siapkan Tenaga, Waktu Dan Pikiran

Surabaya - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo punya permintaan kepada seluruh pengurus maupun anggota Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI). Ya . . .

Berita Hipmi

HUT Emas HIPMI Ke 50, Ketum Maming Dorong Anak Muda Jadi Entrepreneur Dan Pemimpin Masa Depan

Jakarta, Nawacita– Ketua Umum Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPP HIPMI) Mardani H. Maming mendorong anak muda berani menjad . . .