31 Maret 2022 20:01

HIPMI Jawa Timur Ajak Anak Muda Lirik Industri Kreatif

Hipmi Jatim

SURABAYA - Ketua Umum BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur (Jatim), Rois Sunandar Maming menyebut, banyak peluang usaha menjanjikan yang menumbuhkan banyak pengusaha muda. Kebijakan pemerintah khususnya dalam pemulihan ekonomi menumbuhkan banyak pengusaha-pengusaha muda dan UMKM baru yang kreatif.

Rois pun mendorong para pengusaha muda dan calon pengusaha untuk melirik sektor industri ekonomi kreatif. Ekonomi kreatif, kata dia, kini mampu menjadi industri penting untuk menopang perekonomian bangsa perlu diberikan insentif.

"Jika ekonomi kreatif ini kita fokuskan, kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia juga bisa meningkat. Sehingga dapat menciptakan produk lokal berkualitas yang berdaya saing tinggi," kata dalam acara Konsolidasi HIPMI secara virtual, Sabtu (19/3/2022)

Menurutnya, dengan ekonomi kreatif banyak sekali dampak yang akan tercipta yaitu membuka lapangan pekerjaan baru dan menekan angka pengangguran. "Selain membuka lapangan pekerjaan, industri ini menciptakan pola pikir pengusaha menjadi kreatif. Kita terus mendorong sektor industri kreatif termasuk UMKM, dan kami optimis bisa membantu pemulihan ekonomi nasional," tutur Rois.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Indonesia, Arsjad Rasjid dalam acara ini mengatakan, dengan produk domestik bruto (PDB) tahun 2022 yang diharapkan tumbuh di angka 5,5 persen, dapat mendorong sejumlah prospek bisnis di berbagai sektor. “Sektor jasa kesehatan masih memiliki prospek yang bagus di tahun 2022. Kemudian sektor informasi dan komunikasi hingga industri pengolahan," ujarnya.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir optimistis bahwa perekonomian Indonesia akan terus bertumbuh. Sumber daya alam Indonesia juga sangat kuat dengan adanya hilirisasi serta ekonomi digital yang sangat besar akan terus tumbuh.

"Saat ini kondisi pandemi membuat terjadinya gonjang-ganjing rantai pasok yang mengakibatkan keseimbangan sumber daya alam atau komoditas tentu yang terlihat akan terus meningkat sampai tahun 2030 mendatang," katanya.

Di tempat yang sama, Menteri Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menilai sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang eksis di masa pandemi. Untuk itu, dukungan pembiayaan, dalam hal ini Kredit Usaha Rakyat (KUR) perlu ditingkatkan agar UMKM naik kelas.

"Seharusnya KUR untuk para pelaku usaha bisa ditambahkan agar mereka lebih cepat untuk berkembang menjadi UMKM yang naik kelas. Sebab ketika UMKM naik kelas, tentunya akan menambah juga jumlah lapangan pekerjaan untuk masyarakat," ujarnya.

Menurut Bahlil, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih di topang oleh tingkat konsumsi masyarakat, bukan dari investasi. Sehingga ketika banyak masyarakat yang sudah memiliki penghasilan, tentunya akan meningkatkan juga konsumsi di masyarakat. "Kami berharap dengan meningkatnya jumlah KUR, bisa menjadi pijakan untuk para UMKM bisa naik satu tingkat dari yang sebelumnya," katanya. (Source iNews.id/Lukman Hakim)

Artikel Terkait
Hipmi Jatim

Hipmi Jatim Dukung Vaksinasi Gotong Royong Individu

Surabaya - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Jawa Timur menggalang dukungan bagi pelaksanaan progam vaksinasi covid-19 secara gotong royong at . . .

Hipmi Jatim

Sandiaga Uno Minta Kepada HIPMI Jatim Kampanyekan Produk Lokal

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Jawa Timur (HIPMI Jatim) menggelar Diklatda III secara virtual pada Sabtu (23/10/2021). Menteri Pariwisata dan Ekono . . .

Hipmi Jatim

HIPMI Jatim Tumbuhkan Pariwisata Olah Raga Lewat Indonesia Sprint Rally 2022

Surabaya -Setelah 5 tahun vakum, Jawa Timur akhir kembali menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Sprint Rally.Menariknya, pada seri pembuka yang berlan . . .

Hipmi Jatim

HIPMI Jatim : DONGKRAK SPORT TOURISM, HAJAT INDONESIA SPRINT RALLY OPENCHAMPIONSHIP 2022

Setelah 5 tahun vakum, Jawa Timur akhir kembali menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Sprint Rally.Menariknya, pada seri pembuka yang berlangsung di J . . .

Rekomendasi Artikel
Berita Hipmi

HIPMI Siap Menjalin Kerja Sama Dengan Garuda Indonesia

JAKARTA. Dalam masa pemulihan pandemi Covid-19, kecenderungan the new normal atau kondisi normal yang baru membuat beberapa industri dapat memberikan . . .

Hipmi Jatim

HIPMI Jatim Tumbuhkan Pariwisata Olah Raga Lewat Indonesia Sprint Rally 2022

Surabaya -Setelah 5 tahun vakum, Jawa Timur akhir kembali menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Sprint Rally.Menariknya, pada seri pembuka yang berlan . . .

Berita Hipmi

Kecam Edy Mulyadi, HIPMI Jatim Dukung Pemindahan Ibu Kota

Surabaya - Viralnya pernyataan Edy Mulyadi yang merendahkan masyarakat Kalimantan terkait rencana pemindahan ibu kota negara terus mendapat sorotan. D . . .

Ekonomi

Misi Dagang HIPMI Jatim Di Sulteng Hasilkan Transaksi Rp 104 Miliar

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jatim apresiasi strategi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk memacu pengembangan pemasaran pr . . .